Pantai Punagaan

Pantai Punagaan
Lokasi
Pantai Punagaan terletak di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu, sekitar 15 km dari Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar. Pantai Punagaan merupakan objek wisata yang berada di Pesisir Timur Pulau Selayar, Pulau terbesar di wilayah administratif Kepulauan Selayar.

Karakter Objek
Pantai Punagaan merupakan spot wisata berbentuk teluk, dimana sebagian pantainya merupakan areal dengan pasir berwarna kelabu, dan bagian lainnya adalah tebing dengan air yang jernih. Beberapa fasilitas telah tersedia di lokasi ini seperti gazebo, fasilitas bilas dan ruang ganti, air bersih dan bangunan induk yang memiliki space untuk kegiatan rapat dan pertemuan.
Tak jauh dari Pantai Punagaan terdapat pula Pantai Ngapaloka dengan karakter yang hampir sama, namun di Pantai Ngapaloka terdapat pemukiman, sehingga memungkinkan wisatawan menyaksikan rutinitas keseharian warga. Aktivitas terbaik dikedua lokasi ini adalah snorkeling. Di Object wisata ini juga terdapat wahana bahari seperti bananan boat, kayak dan paddle.

Akses
Dari Kota Benteng, pengunjung dapat melakukan perjalanan menggunakan roda dua atau roda empat. Akses dari dan ke Pantai Punagaan, beberapa diantaranya adalah pendakian dengan beberapa kelokan. Waktu tempuh dari Kota Benteng sekitar 20 sampai 30 menit.

Sunari Beach Resort

Goa Balojaha

Gua Balo Jaha terletak di Desa Bontoborusu alias Kahu – Kahu, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Gua ini dianggap misterius karena ditemukannya mayat-mayat yang diduga berasal dari pulau Jawa, sehingga kemudian menjadi cikal bakal nama Balo Jaha di gua yang berkarakter semi vertikal.

Balo dalam bahasa Selayar berarti lubang, dan jaha berarti Jawa. Terlepas dari unsur misterius Gua Balo Jaha, eksotisme tempat ini tidak bisa dipungkiri, dimana pengunjung sering menggunakan air di dalam gua untuk berenang dan menikmati panorama stalagmit di sekitarnya.

Di dalam goa sendiri terdapat sekawanan kelelawar yang membuat bau khas hewan kelelawar menyembur saat Anda menginjakkan kaki di dasar goa. Harap berhati-hati karena batu kapur biasanya dikenal licin.

Untuk mencapai Gua Balo Jaha, pengunjung harus berjalan kaki beberapa ratus meter dari desa di Pulau Pasi, Kepulauan Selayar. Pulau Pasi dapat ditempuh dengan menggunakan perahu kayu dari kota Benteng, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

x